Mengatasi Keyboard Laptop yang Error

Jika kalian pernah mengalami tombol di keyboard yang mencet-mencet sendiri, atau terus-terusan, bisa jadi keyboard kalian error. Jika kalian sudah restart komputer dan sudah lihat keyboard mana yang error melalui website keyboard test disini, serta problem keyboard yang stuck tadi masih ada berarti itu tandanya memang keyboard kalian yang error (bukan masalah softwarenya). Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi keyboard error/stuck ini. Langsung saja kita ke caranya.

Key Tweak (download)

Key Tweak merupakan software yang dapat digunakan untuk remapping keyboard termasuk disable keyboard tertentu pada laptop. Misalnya pada keyboard laptop kalian mencet nomor "9" secara terus menerus, bisa diganti dengan cara remap keyboard.

Caranya mudah,

  1. Cukup klik pada keyboard yang ingin diganti di aplikasi misalnya keyboard nomor 1
  2. Pastikan Key Selected sesuai dengan keyboard yang ingin diganti
  3. Pada bagian Choose New Remapping ganti dengan keyboard yang akan digunakan sebagai alternatif
  4. Klik Remap Key
  5. Pastikan pada Pending Changes ada keterangngan tombol yang akan dialihfungsikan, setelah itu klik Apply
  6. Jika ada keterangan Restart laptop klik OK agar laptop terestart
  7. Coba gunakan untuk menulis

Kamu juga bisa menonaktifkan keyboard yang error dengan cara yang sama yaitu:
  1. Klik pada keyboard yang ingin dinonaktifkan di aplikasi
  2. Pastikan Key Selected sesuai
  3. Klik Disable Key
  4. Restart

On Screen Keyboard

Cara ini menurut saya efektif jika tombol yang error hanya 1-2 saja atau jika kalian memiliki laptop layar sentuh hal ini akan bermanfaat. Ketikkan saja pada windows kalian On Screen Keyboard, nanti akan muncul aplikasinya dan buka app itu. Secara default, keyboard virtual ini akan muncul jika kalian menekan tombol Windows+Ctrl+O. Kalian bisa memanfaatkan On Screen Keyboard ini untuk keperluan mengetik juga terutama jika ada tombol kalian yang bermasalah.

Service

Ya harus diservice saja jika memang kedua cara tersebut terlihat menyusahkan. Maka dari itu, alangkah sebaiknya dibawa ke service center agar segera diselesaikan problemnya.

Kesimpulan

Terdapat tiga metode untuk mengatasi keyboard yang bermasalah yaitu remapping keyboard, menggunakan keyboard virtual secara manual, dan memperbaiki hardware yaitu keyboardnya ke service center/teknisi.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.