Cara Screen Mirroring Android ke Laptop

Screen mirroring adalah salah satu cara yang memungkinkan memproyeksikan output dari suatu layar ke layar yang lain. Gampangnya adalah, layar di salah satu device kamu bisa muncul di device lain.

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara untuk screen mirroring Android ke Laptop. Mirroring ini biasanya saya gunakan untuk mengendalikan hp saya jika respon sentuhnya tidak bisa, dan lain sebagainya.

Tools yang saya gunakan adalah Scrcpy, OS yang digunakan adalah Windows 10. Untuk persyaratan, penggunaan, dan fitur-fitur lain ada disini silahkan dibaca sendiri.

Pertama, kamu perlu mengatur setting di Android

  1. Pastikan debugging usb aktif. Caraya pergi ke setting > tentang ponsel > klik versi ui atau versi OS sampai muncul pemberitahuan mode developer aktif. 
  2. Lalu pergi ke setting > setelan tambahan > opsi pengembang > scroll ke bawah dan switch USB Debugging ke dalam keadaan aktif/on (lihat ss dibawah). Jika masih bingung silahkan baca disini.
  3. Download Scrcpy
  4. Ekstrak Scrcpy
  5. Pastikan USB terhubung ke laptop, lalu buka Scrcpy.exe
  6. Nanti akan terdapat prompt atau notifikasi di android. Klik yes atau allow.
  7. Hasilnya seperti dibawah ini. 

Kamu bisa mengendalikan hp melalui laptop. Biasanya saya gunakan kalau lagi males buka hp langsung. Mungkin di tutorial selanjutnya saya akan memberikan cara lewat TCP/IP (nirkabel atau gaperlu USB), tapi kamu juga bisa mencobanya sendiri dengan membaca artikel ini.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.