Mengatasi Chrome Menggunakan Banyak RAM di Laptop dengan Firemin

Chrome menggunakan banyak RAM di laptop untuk memaksimalkan proses yang ada didalamnya. Sebuah tes pada berbagai macam browser menunjukkan bahwasanya Chrome menggunakan lebih banyak RAM, disisi lain Chrome memiliki akselerasi paling cepat diantara yang lain. Tentu saja agak sulit mau pilih browser yang cepat tapi makan banyak RAM atau browser standar-standar aja, atau browser yang cepet dan juga nggak makan banyak RAM? Jawabanya mending pake Chrome! Kenapa? Karena ternyata kita bisa mengoptimalisasi agar Chrome tidak menggunakan banyak RAM menggunakan software bernama Firemin.


Apa itu Firemin?

Firemin adalah utilitas kecil untuk mengurangi jumlah memori yang digunakan Firefox atau browser lain. Secara default, awalnya Firemin digunakan untuk mengoptimalisasi RAM yang digunakan Firefox, namun Firemin ini juga bisa digunakan untuk mengoptimalisasi berbagai jenis browser atau proses lain.

Cara kerja Firemin?

Secara sederhana, Firemin akan berusaha menghilangkan memory leaks dan mengurangi jumlah memori yang digunakan pada proses aplikasi dengan men-tweak proses kerja sistem. Firemin mengklaim bahwasanya trik optimalisasi memori yang digunakan berbeda dengan pengoptimal memori pada aplikasi serupa.

Firemin membuat akan membuat panggilan Windows API yang memberitahu Windows untuk membersihkan ruang kerja dari semua proses sehingga membebaskan memori apa pun, proses tidak lagi diperlukan. Sedangkan program optimalisasi lain bekerja dengan cara memaksa memori RAM keluar dan hanya memberikan efek semu pada RAM.

Firemin tidak hanya mengoptimalisasi penggunaan RAM pada aplikasi, namun juga mempertahankan stabilitas dan kinerja Windows. Inilah yang membedakan antara Firemin dengan software pembeda lainya.

Langkah-langkah menggunakan Firemin

  1. Download dan install Firemin (download)
  2. Setting Utama. Buka Firemin, lalu lihat di bagian Executable Path. Untuk menggantinya, klik browse dan arahkan ke file direktori "program" tersebut dijalankan. Misalnya, Chrome di laptop saya ada di C:\Program Files\Google\Chrome\Application\chrome.exe
  3. Jika masih tidak bisa menemukan filenya, lakukan searching dengan cara klik Windows+S ketikan nama aplikasinya. Jika muncul, klik kanan dan pilih Open File Location.
  4. Klik save jika sudah.

Option

  • Reduce memory every ...milisecond: opsi untuk memilih dalam jangka waktu berapa aplikasi tersebut dilakukan optimalisasi RAM (dalam bentuk milidetik). 1000ms=1 detik. Defaultnya 1 detik; Rekomendasi 500 detik (bebas)
  • Only reduce memory if...: digunakan untuk mengoptimalisasi/mengurangi penggunaan RAM jika aplikasi mencapai (pilihan) memory yang diinginkan. Default & rekomendasi= 100MB
  • Start (name_app) when Firemin starts: digunakan untuk menjalankan Firemin saat aplikasi (yang dipilih) dijalankan

Extended Process

Fitur extended process digunakan untuk menambahkan aplikasi lain yang ingin dioptimalisasi saat dijalankan. Perlu diketahui bahwasanya hal ini belum diuji di aplikasi selain browser. Namun setelah saya gunakan untuk Bluestacks ternyata work dan no problem.

Caranya cukup tambahkan nama proses aplikasi yang ingin dioptimalisasi. Tiap aplikasi harus dipisahkan dengan tanda koma. Misal: chrome.exe,adobe.exe, dsb. Untuk mendapatkan nama proses aplikasi, buka task manager. Lalu, pilih tab Details. Lihat di bagian Name pada aplikasi tersebut, itulah nama prosesnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihanya adalah terbukti dapat menekan penggunaan memori aplikasi dan bekerja dengan baik. Gaada bugs, gaada masalah yang muncul waktu digunakan. Kekuranganya, belum nemuin.

Kesimpulan

Firemin ini mampu mengatasi masalah, salah satunya masalah penggunaan RAM di aplikasi. Tapi, secara pribadi aku menggunakan aplikasi ini hanya untuk browsing dan bluestack. Kenapa? Karena di beberapa aplikasi tertentu, aku buat pengecualian. Misalnya, Filmora yang butuh rendering pake GPU, CPU, dan memori yang cukup besar takut mengganggu atau menghambat kinerjanya.

Intinya buat aplikasi yang skala prioritas kerjanya rendah, tapi mengonsumsi banyak RAM aku tambahkan ke Firemin. Tapi ini terserah user, karena preferensi user beda-beda.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.