Tutorial Mengatasi Android yang Lemot/Lambat

lag-android-rubahswift

Lag adalah keterlambatan aplikasi dalam menyampaikan informasi, yang dapat terlihat melalui patah-patah, freeze, dan ketidakresponsifan. Penyebabnya dapat beragam, mulai dari beban CPU dan RAM yang berlebihan hingga infeksi virus. Dalam hal ini, ada dua kemungkinan yang dapat terjadi pada aplikasi, yaitu mengalami patah-patah atau berhenti bekerja. Lag sangat mengganggu dalam aktivitas kita, terutama saat kita sedang melakukan tugas penting. Misalnya, saat sedang mengerjakan tugas di ponsel dan membuka aplikasi YouTube, tiba-tiba aplikasi tersebut mengalami force close dan tugas yang sudah dikerjakan hilang. Akibatnya, kita harus mulai mengerjakan tugas dari awal. Oleh karena itu, dalam postingan ini aku akan membahas cara untuk meminimalisir lag pada perangkat Android agar aktivitas kita tidak terganggu.

Cara pertama adalah dengan mematikan efek animasi. Efek animasi disini berarti tingkat kehalusan dalam membuka aplikasi. Semakin besar durasinya, maka semakin bagus juga animasinya. Namun, ini juga dapat membuat lag aplikasi tersebut. Jadi, kalau kalian adalah orang yang tidak terlalu mementingkan kehalusan saat membuka aplikasi, maka saya sarankan semua dimatikan.

Caranya: 
  1. Pergi ke Pengaturan
  2. Pilih opsi developer
  3. Scroll kebawah
  4. Cari skala animasi dan matikan semua

Cara kedua adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Dengan kita menghapus aplikasi, maka akan memberikan ruang gerak pada penyimpanan di hp agar tidak lelet atau lemot.

Caranya 
  1. Pergi ke Pengaturan 
  2. Aplikasi 
  3. Pilih aplikasinya dan klik uninstall

Ketiga, hapus data dan hapus cache. Perlu diketahui bahwa hapus data akan menghapus seluruh data dalam aplikasi (password,akun) jadi jika anda membuka aplikasi tersebut, maka aplikasi tersebut akan seperi aplikasi yang baru didownload (bersih). Saya sarankan anda hapus cache aplikasi saja dulu. Namun jika tidak efektif, anda bisa menghapus data dengan hati hati.

Caranya  

  1. Pergi ke Pengaturan 
  2. Penyimpanan 
  3. Aplikasi dan klik aplikasi yang diinginkan 
  4. Clear data dan clear cache

Keempat, menghapus recent apps. Ini memungkinkan aplikasi berjalan di background sehingga mengurasi free ram yang ada. Jadi saya sarankan setiap aplikas yang sudah digunakan langsung saja di clear/dikeluarkan.

Cara memunculkan recent apps ini adalah dengan klik tombol recent di hp anda. Untuk menghapusnya, bisa di swipe ke atas, samping, bawah tergantung android tersebut.

Kelima, hapus file tidak berguna. Seperti penjelasan nomor dua tadi. Hal ini dapat memberi ruang gerak pada drive agar tidak terlalu sempit. Data yang dihapus biasasnya memang tidak benar-benar terhapus. Namun ini akan memberikan efek tulis dan baca lagi sehingga file yang terhapus dapat memberikan kelonggaran pada penyimpanan.

Keenam, hapus history browser. Sering terjadi bahwa browser lag saat digunakan untuk mengakses internet. Coba hapus history dan kalau perlu hapus semua data penjelajahan (hapus data). Hapus data akan mengapus seluruh data seperti akun, password, setelan situs, cache, daftar download dan lainya.

Ketujuh, matikan sinkronisasi dan GPS bila tidak digunakan. Hal ini karena, mail-sync dan aplikasi yang memiliki akses GPS lebih sering berjalan di background dan memakan ram. Tidak hanya membuat lag namun aplikasi yang berjalan di background juga mengurangi baterai.

Root HP (opsional). Saya tidak tahu sih, tapi setelah root saya merasakan pengalaman yang berbeda dalam perihal kecepatan. Peforma terasa lebih enteng dan jarang lag. Tentu ada kelebihan dan kekurangan root hp ini. Akan kita bahas di postingan selanjutnya.

Pakai custom rom dan custom kernel (opsional). Pernah gak sih di hp kalian ada aplikasi yang gak bisa dihapus? hal ini karena aplikasi itu adalah bawaan (bloatware). Di custom rom, aplikasi google bisa diinstal secara manual dan memilih yang ukuranya paling kecil sehingga menghemat ram dan memori. Selain itu custom kernel memungkinkan pengguna merasakan pengalaman idle kernel yang sangat baik. Memodifikasi kernel dengan mengaktifkan semua CPU agar berjalan sehingga peforma yang didapatkan dapat membuat hp menjadi kencang. Next kita akan bahas hal ini.

Terakhir, setel pabrik/format factory. Kalau masih lemot silahkan di lem biru (lempar beli baru). Terimakasih😊

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.