Cara Membuat Icon Folder menggunakan Adobe Photoshop

Suatu folder yang berisikan file dan item akan dapat dikenali dengan penamaan yang konsisten, namun akan lebih mudah dilihat juga jika terdapat icon pada folder yang menggambarkan isi file dari folder tersebut.

Kali ini saya akan memberikan cara membuat icon untuk folder. Cara ini saya terapkan di Windows saya karena tidak bisa digunakan di Android. Untuk OS yang lain seperti linux dan mac juga saya belum tau, karena nggak menggunakan OS tersebut.

Tools yang digunakan

  1. Adobe Photoshop versi 2022 (Bisa menggunakan Photoshop versi 17 atau lebih tinggi)
  2. Template Folder
  3. Plugin ICO (Untuk save format .ICO)

Dalam hal ini saya menggunakan template folder film yang saya dapatkan dari freepik. Teman-teman bisa mencarinya dari website lain asalkan formatnya psd sehingga dapat diedit di Photoshop atau download file yang saya gunakan disini.

Pertama download Plugin ICO disini lalu copy-kan ke folder instalasi adobe photoshop (nama foldernya adalah File Formats) kalau di laptop saya ada di C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop 2022\Required\Plug-ins\(Paste disini)


Langkah-Langkah

  1. Buka file PSDnya dengan Photoshop
  2. Buka grouping yang ada pada folder Front, lalu klik dua kali pada Layer 1
  3. Setelah itu akan terbuka new tab baru.
  4. Masukkan gambar yang akan dijadikan icon atau bisa buat desain sendiri dan pastikan posisinya di layer teratas (contoh lihat layer 63 pada gambar dibawah)
  5. Gambar yang dimasukkan biasanya belum otomatis menjadi clipping mask, oleh karena itu kita harus menjadikanya clipping mask.
  6. Klik kanan pada layer tadi, lalu create clipping mask. Setelah itu, klik save atau ctrl + s
  7. Hasilnya seperti dibawah
  8. Selanjutnya kembali ke tab pertama
  9. Jika sudah klik File>Save As. Simpan pada folder kalian, lalu pastikan formatnya ICO.
  10. Untuk mengganti icon folder, klik kanan pada Folder>Properties>Customize>Change Icon>Browse lalu cari file yang sudah disimpan tadi>Klik OK>Apply>OK. 

Okey begitulah cara mengganti icon folder pada Windows. Selamat mencoba :D 

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.