Cara Cek Virus atau Bukan Secara Akurat di Website Virus Total

VirusTotal adalah layanan online yang memungkinkan kamu memeriksa file atau URL yang mencurigakan apakah mengandung malware atau tidak. VirusTotal menggunakan lebih dari 50 engine antivirus untuk mendeteksi malware, sehingga hasil deteksinya lebih akurat daripada antivirus yang hanya menggunakan satu atau dua engine.

Cara menggunakan VirusTotal

  1. Kunjungi website VirusTotal.
  2. Pilih opsi File atau URL tergantung pada apa yang ingin Kamu periksa. Jika ingin memeriksa file, klik tombol Choose File dan pilih file yang ingin diunggah dari komputer. Jika ingin memeriksa URL, masukkan alamat URL yang ingin diuji ke kolom yang tersedia.
  3. Klik upload file dan confirm atau tekan enter

VirusTotal akan mulai memproses file/url kamu. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa detik hingga beberapa menit, tergantung pada ukuran file.

Hasil pemindaian VirusTotal

Setelah proses pemindaian selesai, kamu akan melihat hasil pemindaian di halaman web. Hasil pemindaian akan menunjukkan apakah file kamu mengandung malware atau tidak.

Jika file kamu mengandung malware, VirusTotal akan menunjukkan jenis malware yang ditemukan. VirusTotal juga akan menunjukkan berapa banyak engine antivirus yang mendeteksi malware tersebut.

Jika file kamu tidak mengandung malware, VirusTotal akan menunjukkan bahwa file tersebut "Clean". Namun, hasil pemindaian VirusTotal tidak selalu akurat. Ada kemungkinan file yang menurut VirusTotal tidak mengandung malware, sebenarnya mengandung malware.

Penting untuk Diperhatikan

  • Hasil pemindaian di VirusTotal adalah panduan, bukan keputusan akhir. Beberapa laporan palsu positif atau negatif mungkin terjadi.
  • Situs web sah atau terkenal kadang-kadang dapat memberikan hasil positif palsu karena mereka mungkin memiliki elemen yang serupa dengan yang digunakan oleh malware.
  • Jangan hanya bergantung pada VirusTotal. Ini adalah salah satu alat dalam kotak alat keamanan Kamu. Pastikan Kamu memiliki perangkat lunak keamanan yang kuat dan firewall yang diperbarui.
  • Selalu pastikan bahwa alamat situs web yang Kamu masukkan adalah benar. Penjahat siber dapat menciptakan tiruan situs web untuk menipu pengguna.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.