Nyesel pake SAMSUNG

Penyesalan mifans membeli brand smartphone selain Xiaomi adalah ketika aku menyadari kekurangan dari hp yang aku pakai ini gak punya fitur yang hanya ada di Xiaomi. Tidak hanya itu, dari segi build quality misalnya Samsung dulu terkenal dengan brand yang paling dicari, paling banyak digunakan masyarakat karena terkenal dengan build qualitynya. Namun setelah dapat experience memakai beberapa hape samsung, aku jadi sadar ternyata kini brand samsung banyak minusnya. Daripada penasaran, yuk kita bahaas lebih detail lagi.

Lightsaber

Sekarang aku pake Samsung M52 5G. Hape ini dari segi desain bagus parah dan gak norak. Samsung seri M yang kini paling flagship dan ringan digenggam, punya panel AMOLED, pake chipset 5G Snapdragon 778G yang bisa ngegeber game menengah. Kameranya udah triple camera punya Ultrawide. Cuma satu masalah langganan di samsung seri flagship yaitu LIGHTSABER. Ternyata kebanyakan Samsung seri flagship emang sering kena penyakit ini, apalagi seri AMOLED.

M52 5G ini pake panel Super Amoled Plus yang tipis, makanya desainnya bisa tipis ala-ala flagship. Rentan banget layarnya kena lightsaber. Ada yang berspekulasi kalo lightsaber ini (kebanyakan) terjadi karena update software, dimana ketika update software ternyata ada kesalahan firmware yang ngebuat arus listrik yang masuk melebihi dari yang ditentukan. Ada juga yang bilang kalo hpnya terbentur, cacat pabrik dan lain sebagainya. Pada akhirnya lightsaber ini dianggap sebagai kesalahan user yang tidak dicover garansi oleh SMASNUG, jadi ya kalau mau bener harus diservis dan lebih parahnya lagi lightsaber ini permanen dan bertambah setiap beberapa bulan (tiap user beda-beda)

Nihil Infrared

Pindah dari brand Xiaomi jadi rindu infrared yang biasa aku gunain buat remot tv, kipas, sama ac. Samsung ini gapunya infrared hampir di semua seri keluaran lama maupun terbaru. Jadi yaa ngerasa gaenak aja. Untung Redmi Note 4X masih ada dipake ibu, jadi alat-alat elektronik yang butuh remot masih bisa digunain dirumah.

Custom ROM

Aku antusias banget soal oprek-oprek pas aku pake Xiaomi. Gonta-ganti rom udah biasa. Setelah pake Samsung, walaupun komunitas custom romnya ada, entah kenapa di Samsung ini agak was-was mau ngoprek. Kek mikir kalo di oprek sayang KNOX-nya. terus mikir kalo ini udah pake ONE UI yang ringan. Intinya, sebenernya ini mungkin buat dilakuin, cuma aku memilih buat nggak dulu.

Charging

Sebenernya gak lelet-lelet amat sih di samsung ini 25watt udah cukup cepet. Tapi karena sebelumnya pake 33W, 67W, bahkan pake Iqoo Z7x yang udah pake 80W Flashcharge jadi perbedaannya cukup terasa. Tapi gak seberapa masalah yang penting bisa ngecas wkwk.

Kesimpulan

Overall yang paling aku takuti kalo pake SMASNUG itu yaa Lightsaber. Sisanya bisa ditoleransi. Panel super amoled plusnya yang tipis bikin was-was. Btw hape ku juga udah kena Lightsaber sebiji. Rencananya nabung dulu buat ganti layar. Kalo udah banyak lightsabernya dan ternyata belum membaik, keknya pake scrcpy dulu hehe.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.