Cara Install Plugin File Format Photoshop

Fungsi menginstall plugin file format pada Photoshop adalah agar project yang sedang kita buat atau edit dapat disimpan dengan format atau file tertentu. Misalnya, Photoshop secara default tidak dapat menyimpan file dengan format WebP, dimana format WebP ini paling sering dipakai di website atau blog sehingga ukuranya dapat di kompres tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut. Oleh karena itu, kita memerlukan plugin WebP.

WebP is an image file format developed by Google intended as a replacement for JPEG, PNG, and GIF file formats. It supports both lossy and lossless compression, as well as animation and alpha transparency.

Tidak hanya WebP, kita dapat mencari plugin format lain untuk menyimpan hasil editing kedalam format tertentu misalnya seperti yang sudah dilakukan kemarin yaitu Ico, Avif, dan lain sebagainya.

Tutorial Lengkap:

  1. Pastikan kamu sedang tidak membuka Photoshop, jika masih dibuka simpan file yang sedang kamu edit, lalu close dulu.
  2. Download plugin yang diinginkan terlebih dahulu (cari di google)
  3. Sebagai contoh, saya sudah mendownload Plugin File Format Avif.
    Note: Plugin photoshop yang sudah didownload pada umumnya memiliki format .8bi
  4. Copy kan file tersebut ke C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop 2022\Required\Plug-ins\File Formats. Menyesuaikan tempat instalasi Photoshop kalian
  5. Buka Photoshop kalian, buat new project klik File> Save As atau Save As Copy> lihat apakah file formatnya sudah muncul atau belum

Saya bakal melakukan update Plugin File Format Photoshop dan kamu bisa mengeceknya disini.

1 komentar

  1. Tes bro
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.