Vivo Y36: Desain Elit, Spek Sulit?

Vivo-Y36-rubahswift
RP 3.399.000 (8/256 GB)
DesainKaca (Backdoor)
164.06 × 76.17 × 8.07 mm
SoCCPU: Snapdragon 680 (6nm)
GPU: Adreno 610
Layar6.64 inch FHD+ 90Hz IPS LCD
Ultra O Screen
KameraUtama:
50 MP, (wide)
2 MP (depth)
Depan: 16 MP (wide)
PenyimpananUFS 2.2
Baterai & Pengisian Daya 5000mAh, 44W FlashCharge
SensorProximity, Ambient Light, Accelerometer, Gyroscope, Compass, Motor
KeamananPemindai Wajah, Sidik Jari (Side)
OSAndroid 13, Funtouch 13
WarnaMeteor Black
Glitter Aqua
Konektivitas4G, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1, NFC Multifungsi
Varian8/256
Paket penjualanVivo Y36, Adaptor 44W, Kabel USB-C, SIM Ejector, Casing, Manual, Kartu Garansi, Tempered Glass
Belanja lewat Toko Online: shopee

Mei 2023 Vivo mengeluarkan produk smartphone entry level 3 jutaan untuk bersaing dengan produk lain yaitu Vivo Y36. Smartphone ini ditenagai processor Snapdragon 680 yang dingin. Cocok buat penggunaan daily karena daya-nya yang rendah. Vivo Y36 4G memiliki desain yang menarik dengan balutan kaca bernama Dynamic Glass Design untuk varian warna Crystall Green dan Fluorite AG Glass untuk varian Meteor Black. Desain ini memberi kesan segar dan elegan, serta sidik jari tidak menempel disini.

Vivo Y36 4G memiliki layar LCD dengan ukuran 6,64 inci yang mendukung resolusi Full HD Plus sebesar 2388 x 1080 piksel. Layar ini memiliki tingkat refresh rate sebesar 90 Hz dan kecerahan maksimal mencapai 650 nits. Layar tersebut juga memiliki desain punch hole yang disebut Ultra O Screen yang menampung kamera depan beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.45. Vivo Y36 4G memiliki ram sebesar 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Kapasitas penyimpanan ini dapat diperluas hingga 1 TB menggunakan slot microSD, dan RAM dapat di ekspansi hingga 16 GB dengan fitur Extended RAM. Perangkat ini menjalankan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka FunTouchOS 13.

Vivo Y36 memiliki desain yang sangat elegan dengan menggunakan balutan kaca yang disebut Dynamic Glass Design, memberikan efek berkilau seperti pantulan air di atas danau. Desain ini juga memiliki ketahanan terhadap sidik jari dan percikan air. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan bingkai Fantasy Frame yang menambah keindahan pada modul kamera. Vivo y36 punya baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung fast charging 44 watt. Baterai ini diklaim bisa terisi penuh dalam waktu kurang dari satu jam dan penggunaanya pun awet. Selain itu, Vivo Y36 juga memiliki sertifikasi IP54 tahan percikan air dan debu. Backcovernya juga pakai kaca yang premium. Sensor juga cukup lengkap termasuk NFC.

Kekuranganya, Qualcomm Snapdragon 680 memang awet dan adem, tapi kurang mampu menjalankan tugas-tugas berat. Gak disarankan buat pecinta gaming. Chipset ini juga nggak mendukung konektivitas 5G. Speakernya juga masih Mono. Vivo Y36 juga nggak dilengkapi wide camera. Mungkin ini pengalaman pribadi aja, tapi waktu aku pakai Vivo Y36 ini entah mengapa sinyalnya lemah banget kalau pakai Data Seluler. Entah karena nggak bisa ngangkat ke 4G+ atau gimana, tetapi aku ngerasa kalau modem bawaan Snapdragon 680 ini kurang oke. Terakhir, layar masih IPS 90 Hz.

Vivo Y36 ditujukan kepada pasar yang mengutamakan aspek desain agar terlihat menarik di mata orang lain dibandingkan dengan performa yang tinggi. Meskipun demikian, untuk penggunaan sehari-hari, smartphone ini tetap cocok dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik. Tetapi, saran aku pertimbangkan kembali dengan harga 3.4 Juta bisa dapat smartphone lain dengan spesifikasi yang lebih dari Vivo Y36.

Referensi
[1]Vivo Indonesia. (2022). Vivo Y36. https://www.vivo.com/id/products/y36

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.